MANFAAT MEDIA PEMBELAJARAN DALAM MENGAJAR PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN
Keywords:
Manfaat Media Pembelajaran,Pendidikan Agama KristenAbstract
Media pembelajaran modern yang saat ini sangat popular digunakan dalam dunia pendidikan. secara umum media mempunyai keguanaan memperjelas pesan agar tidak terlalu verbalitas; mengatasi keterbatasn ruang, waktu tenaga dan daya indra; menimbulkan gairah belajar, interaksi lebih langsung antara siswa dengan sumber belajar; memungkinkan anak belajar mandiri sesuai dengan bakat dan kemampuan visual, auditori dan kinestetiknya. Alasan-alasan pemakaian media dalam pembelajaran adalah: pengalaman, motivasi, meningkatkan pembelajaran, materi yang otentik, interaksi yang lebih luas, lebih pribadi, tidak terpaku pada sumber tunggal dan pemahaman global. Pembelajaran dengan mengunakan media akan memberikan motivasi yang lebih tinggi karena dengan media selalu dikaitkan dengan kesenangan, permainan dan kreativitas. Dengan demikian pembelajaran itu sendiri akan meningkat. Pembelajaranpun akan lebih bersifat pribadi yang akan memenuhi kebutuhan strategi pembelajaran yang berbeda-beda. Adapun metode yang digunakan dalam penulisan ini adalah : Penelitian kualitatif dengan pendekatakan pustaka adalah suatu metode peneltianuntuk memperoleh hasil dari data yang dikumpulkan dengan menggunakan buku-buku dan jurnal
References
Edgar-dale. (2017). https://retizen.republika.co.id/posts/14759/teori-kerucut-pengalaman-dari-edgar-dale.
Green L. (1996). Creatives Sild
Edgar-dale. (2017). https://retizen.republika.co.id/posts/14759/teori-kerucut-pengalaman-dari-edgar-dale.
Green L. (1996). Creatives Silde (p. 146). Libraries Unlimited, Inc Littleton.
Guru Madya. (2017). Berbagai Pesan Dari Para Nabi (p. 25). Gandum Mas.
Hasanah, L., & Nurhasanah, A. (2020). Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Penggunaan Media Papan Flanel Anak Usia 4-5 Tahun. Jurnal Paud Agapedia, 2(1), 12–22. https://doi.org/10.17509/jpa.v2i1.24384
Irwandi. (2015). PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL DALAM PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATERI RUKUN IMAN PADA SISWA KELAS I SD NEGERI 49 KOTA BANDA ACEH. 6.
Iswahyudi, Manik, N. D. Y., & Santoso, J. (2022). Implementasi Media Pembelajaran di Pendidikan Agama Kristen untuk Peningkatan Kerohanian Peserta Didik. EKKLESIA: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristiani, 1(1 SE-Articles), 8–17. http://ojs.sttekklesiaptk.ac.id/index.php/ekklesia/article/view/12
Jonse Belandia Non – Serrano. (2006). Pedoman Untuk Guru PAK SD – SMA Dalam Melaksanakan Kurikulum Baru. Bina Media Informasi.
Magdalena, I., Fatakhatus Shodikoh, A., Pebrianti, A. R., Jannah, A. W., Susilawati, I., & Tangerang, U. M. (2021). Pentingnya Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Sdn Meruya Selatan 06 Pagi. EDISI : Jurnal Edukasi Dan Sains, 3(2), 312–325. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/edisi
Nababan, D., Hutagalung, M. P., Yeni, P., & Siahaan, H. (2023). Manfaat Media Pendidikan dalam Proses Belajar Mengajar Pendidikan Agama Kristen. Jurnal Pendidikan Sosial Dan Humaniora, 2(4), 12108–12120. https://publisherqu.com/index.php/pediaqu
Oemar Hamalik. (1982). Media Pendidikan (pp. 22–23). Offset Alumni.
Ruth Lautfer. (1993). Pedoman Pelayanan Anak. Yayasan Persekutuan Pekabaran Injil Indonesia.
Wahid, A. (2022). Pentingnya Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Prestasi Belajar. Early Childhood Islamic Education Journal, 3(01), 73–85. https://doi.org/10.58176/eciejournal.v3i01.679