KOMPETENSI SOSIAL GURU PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN DAN KETERLIBATAN ORANG TUA DALAM PENDIDIKAN ANAK DI SD BOPKRI 3 BONDO

Penulis

  • Sri Handayani Penulis

Kata Kunci:

Kompetensi Sosial, Guru PAK, Keterlibatan Orang Tua, Pendidikan Anak, SD BOPKRI 3 Bondo

Abstrak

            Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara kompetensi sosial guru Pendidikan Agama Kristen dan keterlibatan orang tua dalam pendidikan anak di SD BOPKRI 3 Bondo, Jepara. Latar belakang penelitian ini didasarkan pada pentingnya sinergi antara guru dan orang tua dalam menunjang keberhasilan pendidikan, khususnya dalam pembentukan karakter anak. Pendekatan kuantitatif digunakan dalam penelitian ini dengan metode survei terhadap 30 orang tua dari 7 siswa yang terlibat aktif dalam kegiatan sekolah serta 1 guru Pendidikan Agama Kristen. Instrumen yang digunakan berupa kuesioner skala Likert untuk mengukur persepsi terhadap kompetensi sosial guru dan tingkat keterlibatan orang tua dalam pembelajaran. Analisis data menunjukkan adanya hubungan positif yang signifikan antara kompetensi sosial guru dan keterlibatan orang tua, dengan koefisien korelasi r = 0.68 dan signifikansi p < 0.01. Hasil ini menunjukkan bahwa semakin tinggi kompetensi sosial guru, semakin tinggi pula keterlibatan orang tua dalam pendidikan anak. Temuan ini memperkuat pentingnya pengembangan kemampuan interpersonal guru, seperti komunikasi, empati, dan kolaborasi, untuk membangun kemitraan yang efektif dengan orang tua. Penelitian ini merekomendasikan pelatihan kompetensi sosial bagi guru PAK sebagai strategi untuk meningkatkan keterlibatan orang tua secara aktif dalam mendukung proses pendidikan dan karakter anak.

Kata-kata kunci: Kompetensi Sosial, Guru PAK, Keterlibatan Orang Tua, Pendidikan Anak, SD BOPKRI 3 Bondo

 

               This study aims to analyze the relationship between the social competence of Christian Religious Education (CRE) teachers and parental involvement in children's education at SD BOPKRI 3 Bondo, Jepara. The background of this research is rooted in the importance of synergy between teachers and parents in supporting educational success, particularly in character formation. A quantitative approach was employed using a survey method involving 30 parents of 7 students actively engaged in school activities, as well as 1 Christian Religious Education teachers. The instruments used were Likert-scale questionnaires designed to measure perceptions of teachers’ social competence and the level of parental involvement in learning. Data analysis revealed a significant positive correlation between teachers’ social competence and parental involvement, with a correlation coefficient of r = 0.68 and a significance level of p < 0.01. These results indicate that the higher the teacher’s social competence, the greater the parental involvement in their children’s education. The findings emphasize the importance of developing teachers’ interpersonal skills—such as communication, empathy, and collaboration—in order to build effective partnerships with parents. This study recommends the implementation of social competence training for CRE teachers as a strategic effort to enhance active parental involvement in supporting children's educational and character development. 

Key words: Social Competence, Christian Religious Education Teachers, Parental Involvement, Children's Education, SD BOPKRI 3 Bondo

Referensi

Ahlaini, M. N., Sowiyah, Pangestu, U., & Santika, F. (2021). Effectiveness of Principals Interpersonal Communication: A Literature Review. International Journal of Research and Innovation in Social Science, 05(05), 298–303. https://doi.org/10.47772/IJRISS.2021.5515

Apriansyah, E., & Jasrial. (2023). Persepsi Siswa Tentang Kompetensi Sosial Guru di SMK Negeri 2 Padang. Journal of Practice Learning and Educational Development, 3(2), 124–129. https://doi.org/10.58737/jpled.v3i2.130

Azizah, A., Syarfuni, & Rahmatullah. (2024). Pengaruh Kompetensi Sosial dan Kepribadian Guru terhadap Peningkatan Mutu Sekolah Dasar di Gugus 9 Kecamatan Geumpang dan Mane Kabupaten Pidie. Arus Jurnal Sosial Dan Humaniora, 4(1), 265–273. https://doi.org/10.57250/ajsh.v4i1.381

Demir, K., & Akif, M. (2015). The effect of organizational trust on the culture of teacher leadership in primary schools. Kuram ve Uygulamada Egitim Bilimleri, 15(3), 621–634. https://doi.org/10.12738/estp.2015.3.2337

Epstein, R., Kaminaka, K., Phan, V., & Uda, R. (2021). How is Creativity Best Managed? Some Empirical and Theoretical Guidelines. Creativity and Innovation Management, 22(4), 359–374. https://doi.org/10.1111/caim.12042

Firda, Z. N., & Fitriatin, N. (2024). Peran Kompetensi Sosial Profesionalisme Guru dalam Membangun Citra Lembaga di MTs. Hidayatush Shibyan Cendoro Palang Tuban. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 4(4), 1635–1644. https://doi.org/10.53299/jppi.v4i4.853

Harefa, Z. V., Tafonao, T., Harefa, D., Sapalakkai, R. S., & Sophia, S. (2022). Peran Guru sebagai Fasilitator dan Katalisator Melalui Teori Konstruktivisme dalam Model Pembelajaran Kontekstual Pendidikan Agama Kristen. KHARISMATA: Jurnal Teologi Pantekosta, 4(2), 211–228. https://doi.org/10.47167/kharis.v4i2.128

Hilda, E. M. (2023). Membangun Koneksi Emosional: Pentingnya Hubungan Guru-Murid dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Inovasi Pembelajaran Di Sekolah, 4(2), 241–245. https://doi.org/10.51874/jips.v4i2.100

Moeini, B., Abasi, H., Otogara, M., & Akbarzadeh, M. (2019). Communication Skills and Its Related Factors Among Medical Staff. Hormozgan Medical Journal, 23(1), e86254. https://doi.org/10.5812/hmj.86254

Nadiana, A., Putri, W. R., Maulida, F., Khoirunnisa, J. P. N., & Rohmawati, L. (2023). Optimalisasi Peran Orang Tua dalam Pengembangan Kompetensi dan Karakter Peserta Didik dengan Model KOPHOG (Keterlibatan Orang Tua berbasis Penguatan Hubungan Orang Tua dan Guru). JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(12), 9766–9773. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i12.2925

Padang, S. A., Waruwu, T., Sitompul, S. R., Widiastuti, M., Ariawan, S., Pendidikan, P., Kristen, A., Ilmu, F., Kristen, P., Agama, I., Negeri, K., & Tarutung, I. (2025). Pengaruh Kompetensi Sosial Guru Pendidikan Agama Kristen Terhadap Moralitas Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Laguboti Tahun Pelajaran 2024 / 2025. 2(5), 264–281.

Qomariyah, S., Wendy Asswan Cahyadi, Yurna, Mohammad Lisanuddin Ramdlani, & Lupiyanto. (2022). Studi Deskriptif Kompetensi Sosial Guru dalam Pendidikan Islam Perspektif Tafsir Al Qur’an. EDUKASIA: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(3), 275–284. https://doi.org/10.62775/edukasia.v3i3.112

Raptou, E., Stamatis, P. J., & Raptis, N. (2017). Communication as an Educational Skill in School Units of the 21st Century: A Survey Research. Asian Education Studies, 2(2), 1. https://doi.org/10.20849/aes.v2i2.153

Rosni, R. (2021). Kompetensi guru dalam meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah dasar. Jurnal EDUCATIO: Jurnal Pendidikan Indonesia, 7(2), 113. https://doi.org/10.29210/1202121176

Silalahi, L., & Naibaho, D. (2023). Pentingnya Kompetensi Sosial Guru Dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(1), 151–158. https://doi.org/10.62017/merdeka

Sukirman, D., & Ekantiningsih, P. D. (2023). Pemetaan Kompetensi Dasar Guru Pendidikan Anak Usia Dini Non-Formal. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 7(1), 37–48. https://doi.org/10.23887/jppp.v7i1.56363

Taliawo, O., V I Goni, S. Y., & Zakarias, J. D. (2019). Hubungan Kerja Sama Antara Orang Tua Dan Guru Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Di Smp Negeri Satu Atap 1 Desa Buo Kecamatan Loloda Kabupaten Halmahera Barat Maluku Utara. Holistik Journal of Social and Culture, 12(4), 1–19. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/holistik/article/view/25481

Zariayufa, K., Cahyadi, S., & Witriani, W. (2022). Peran Dukungan Orang Tua, Guru & Teman Sebaya terhadap Keterlibatan Siswa SMK dalam Pembelajaran Daring. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(3), 973–980. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i3.3018

Diterbitkan

2025-07-02

Terbitan

Bagian

Articles